Benkek

Karl May: Winnetou I

Beberapa hari yg lalu, aku ke perpustakaan "Fivi" yang baru pindah ke sebelah INDOMARET bareng Nala. Udah lama juga aku ga pernah pinjem komik. Sewaktu di sana, aku ga sengaja liat buku WInnetou III. Buku itu adalah salah satu karangan penulis abad 19 akhir, Karl Friedrich May (1842-1912).

Aku inget sekitar dua tahun yang lalu, aku sempat keliling toko buku di Malang buat cari buku Winnetou 1, gara2 aku baca infonya di Jawa Pos. Tapi sayang nya, waktu itu semua buku nya udah terjual habis, bahkan di Gramedia dan Toga Mas.

Aku pertama kali baca buku2 Karl May sewaktu kelas 2 SMP (sekitar akhir 1998). Waktu itu aku memang masih bisa dibilang kutu buku. Aku nemu salah satu buku karangan nya di perpustakaan SMP Negeri 04 Malang, Sekolahku waktu itu. Sebenarnya aku pernah juga baca komik Winnetou I sewaktu SMP kelas 1 di Kebumen, tp ga secara utuh, hanya sebagian saja, jadi kurang terkesan.

Pertama kali baca,aku langsung terkesan sekali sama ceritanya, rasanya lain dari yang lain, seperti membawa kita larut dalam petualangan2 tokoh dalam cerita tersebut. Waktu itu, yang aku baca adalah seri Kara Ben Nemsi, petualangan Karl May di Timur Tengah.

Buku yang aku baca sewaktu SMP adalah buku2 terbitan tahun 60an. Selain masih menggunakan ejaan lama, juga kertasnya sudah berubah warna menjadi coklat muda. Tapi sebagian kondisinya masih bagus/isinya lengkap.

Setelah masuk SMU, tepatnya di SMU 8 Malang, yang satu kompleks sama SMP 4 (dulu nya satu sekolah semasa ppsp), aku nemu lagi beberapa buku Karl May di perpustakaan. Rupanya emang satu edisi dulunya.

Kalau di itung2, mungkin sudah ada 40an buku yang aku baca (dari sekitar 80an judul), tapi sebagian besar sudah lupa ceritanya.

Tadi sore, aku ke perpustakaan balikin komik Shanou Yoshitsune yang aku pinjam hari Sabtu kemaren. Ternyata Winnetou 1 dan 2 udah ada (baru di balikin sama yg pinjem). Begitu melihatnya, aku langsung ambil buku tadi, dan meminjam nya. Biaya sewa nya 10 rebu. Hiks, mahal juga aku pikir. Tapi dr pada beli, mendingan pinjem. Kalau beli harganya 60 rebuan kl ga salah.

Sesampai di warnet, aku coba baca bentar. Eh baru dpt 1 bab, tiba2 mataku terasa ngantuk berat >.<. Rupanya aku emang udah ga cocok baca2 Novel tebel, komik aja suka malas baca :P. Tp mungkin karena ini buku yang udah lama aku cari, mungkin aku bakal baca sampe selese, meskipun makan waktu ber minggu-minggu :D

0 komentar: