Perbedaan (mendasar) dari Judo dan Aikido

Perbedaan (mendasar) dari Judo dan Aikido.

Judo dan Aikido merupakan dua jenis olah raga beladiri yang sama-sama banyak menggunakan bantingan dan kuncian, sehingga banyak dari kita bingung, di mana bedanya?

======================================= Setau saya (tidak ada maksud untuk meninggikan atau merendahkan salah satu nya) =======================================

Judo banyak terdapat kompetisi/pertandingan, sementara dalam Aikido sama sekali tidak ada pertandingan/kompetisi (selain Tomiki Aikido=>salah satu aliran aikido).

Judo, lebih banyak menggunakan bantingan (dan cekikan) dari pada aikido, yang banyak menggunakan kuncian sendi, baik dalam posisi berdiri maupun posisi tidur (setelah terbanting). Judo menggunakan kuncian ketika musuh telah jatuh ke matras (bila tidak ippon==> dalam kompetisi).

Judo bersifat ofensif, dengan tujuan kuzushi (menghilangkan keseimbangan lawan) yaitu dengan cara menarik lawan(terutama dengan memegang kerah baju dan lengan). Kalau aikido hampir sama sekali tidak ada teknik untuk menyerang, karena memang lebih ke self defense.

Judo lebih banyak menggunakan tenaga (dr pada aikido), baik untuk kuzushi maupun membanting lawan. Kalau aikido berprinsip "mengalirkan tenaga lawan untuk menetralisir serangan".

Terus, bagusan mana Judo dan Aikido? tentu saja ini kembali kepada kita. Mana yang lebih cocok dengan kita.

kunjungi blog penulis tentang kendo dan samurai www.kendo.web.id

Comments