Benkek

Cara mengambil file audio dari Video menggunakan Cool Edit Pro™


  1. Buka Cool Edit Pro™. Pada Menu utama, klik "insert" > "audio form video file"

  2. Cari file video yang kita akan ambil audionya. pastikan pada pilihan "Files of Type" nya berada pada "All Files". Pilih file tersebut dengan mengklik dua kali atau dengan mengklik tombol open (semua juga sudah tau :D).

  3. Kemudian akan muncul progress bar, setelah selesai, maka akan muncul tampilan berikut; yang artinya file audio tersebut telah terambil.

  4. Kemudian, klik pada gambar "wave" pada pojok kiri atas (Switch to Edit View), atau tekan tombol F12.

  5. Maka akan muncul tampilan berikut:

  6. Kemudian klik pada gambar disket-kertas (:D) yang ada di menu atas (save the waveform as different format or file name)

  7. Tentukan lokasi kita akan menyimpan file tersebut. Kalau kita ingin menyimpannya dalam bentuk MP3, maka pilih MP3 pada "Save as Type"

  8. Pilih "Bitrate" yang kita inginkan, untuk gampangnya pilih "preset" yangberada dibagian atas. Untuk kualitas standar mp3, pilih yang "128Kpbs Stereo"

  9. Kemudian klik tombol "Save"

  10. Bila ada popup seperti ini, di "OK" saja :)

  11. Kemudian akan muncul progres bar, dan file mp3 baru kita sudah siap :D

Bagi yang ingin merubah bitrate file mp3 yang sudah ada, bisa juga

menggunakan program ini. Hanya perlu mengikuti langkah nomer 5, kemudian


  1. Buka file Mp3 yang ingin dirubah bitratenya,

  2. Save as different format,

  3. Pilih bitrate,

  4. Save

.............dan selesai :).

Semoga berguna


NOTE: Cool Edit Pro™ bisa di download di web
http://www.syntrillium.com


Menyusul: Cara merekam audio dari kaset ke MP3.. kalo sempat :D

Mencari Lagu di Internet di multiply.com

Dua atau tiga tahun lalu, mungkin kita sering bingung, gimana ya caranya cari lagu di internet? Waktu itu cara yang paling gampang dan mungkin adalah menggunakan MIRC, atau program Peer to Peer seperti Kaza atau Limeware, yang ga sepenuhnya di jamin aman, dan juga kecepatan download yang terbatas. Apalagi kalau di MIRC sering sekali kita harus mengantri sampai berjam-jam untuk bisa mendownload satu lagu.

Sekarang, seiring dengan menjamurnya pengguna multiply.com, dan tentunya dengan adanya fasilitas upload music didalamnya, kita tidak usah bingung mencari-cari lagu di Internet. Hanya dengan mendaftar secara gratis, kita bisa mencari lagu-lagu favorite kita dan kemudian mendownloadnya dengan gratis pulak! :D.

Tidak hanya lagu-lagu baru, lagu-lagu jaman baheula pun banyak disana. Mulai lagu indonesia populer, lagu dangdut, lagu-lagu barat, lagu memories, dan juga banyak lagu-lagu daerah, dan lagu anak-anak.

Satu 'kekurangan' yang mungkin masih terdapat didalamnya, yaitu bahwa kita tidak bisa mendownloadnya secara multisesion, artinya sekali download harus sampai selesai (kl istilah di DAP not support resume atau apalah :D). Jadi kalau download sempat putus/pause, maka harus download lagi dari awal.

Satu catatan yang harus kita perhatikan, bahwa dengan kita mendownload lagu-lagu dari multiply (terutama lagu-lagu yang mempunyai Copyright) kita sudah turut serta dalam proses pembajakan karya cipta :). Jadi kalau misal kita ngefans sama band tertentu, atau kita nggak mau dibilang pembajak, sebaiknya kita memberli kaset/cdnya di toko.

Berikut contoh cara mencari dan mendownload lagu dari Multiply (bagi yang sudah tau ga usah di baca, kebetulan ada teman yang minta dibuatin-bukan mbak elen kok, hehe).



Puisi oleh Yagyu Munenori

Tanpa memiliki keahlian khusus
Untuk lewati dunia ini,
Dengan enggan kupercayakan diriku
Pada sebuah pelarian tunggal:
Seni Bela Diri.



Adalah bagus
Mempercayakan diri sendiri
Pada sebuah pelarian!
Tetapi seni bela diri tidak berguna
Dalam silang pendapat
dan pertengkaran



Meskipun kau mungkin gemilang
dalam seni bela diri,
itu cuma perahu batu
yang tak kan mampu
menyeberangi
laut sepi kehidupan


Seni bela diri mungkin
Perahu batu yang
Mustahil mengambang.
Tapi aku tak mampu
Membuang kelemahanku untuk
Jalan ini.

Yagyu Munenori, 1601

Jalan Melangkah Sendiri. (Miyamoto Musashi no Dokudo)

Musashi Miyamoto no Dokudo, atau Musashi's self path reliance, mungkin terkesan extreme atau semacamnya ya, tapi sedikit banyak, poin-poin didalamnya sangat membantu aku, terutama dalam hal motivasi diri ketika aku sedang mengalami hal-hal yang terasa berat dalam hidup ini (halah).

Pada intinya, Dokudo menekankan kepada 'meninggalkan keinginan dan hasrat duniawi, lebih peka terhadap sekitar, dan menfokuskan pada tujuan utama hidup kita'. Mungkin agak mirip sufisme, dan memang banyak mengandung unsur norma Budhisme atau Taoisme. Musashi sendiri pada akhir masa hidupnya banyak menghabiskan waktunya untuk belajar Zen.

Buat aku sendiri, aku lebih termovitasi oleh semangat Musashi dalam melaksanakan poin-poin dari Dokudo tersebut.

Adapun isi dari Dokudo tersebut adalah.

1. Jangan pernah melanggar aturan dan norma tradisi
2. Jangan pernah mengharapkan saat-saat santai
3. Jangan pernah menyesali apa yang sudah terjadi
4. Jangan pernah iri dengan keberuntungan orang lain, atau karena kesialan kita
5. Jangan pernah menyesali perpisahan dengan apapun dan kapanpun
6. Jangan pernah menyalahkan orang lain dan juga diri sendiri
7. Jangan pernah mengeluh tentang orang lain maupun diri sendiri
8. Jangan pernah mendekati cinta
9. Jangan pernah mempunyai kesukaan ataupun ketidaksukaan terhadap sesuatu
10. Jangan pernah mengeluh tentang tempat tinggal, apapun kondisinya.
11. Jangan pernah menginginkan makanan enak untuk diri sendiri
12. Jangan pernah percaya/memiliki barang antik/jimat
13. Jangan pernah menyesali kebaikan kita kepada orang lain
14. Jangan pernah mengimpikan rumah idaman yang nyaman di masa tua
15. Jangan pernah terlalu memikirkan kepentingan pribadi.
16. Jangan pernah meninggalkan jalan Beladiri
17. Lebih baik kehilangan nyawa dari pada kehilangan harga diri dan nama baik.

Kira-kira isinya seperti diatas, mungkin tidak sama persis, tapi memang ada beberapa versi terjemahan yang beredar di publik.

(sumber terjemahan dari buku Lone Samurai karya William Scott Wilson , di modifikasi sesuai yang tersimpan di ingatan penulis blog :p).

Info Terbaru tentang Magang di Jepang untuk Jawa Timur

Buat anda yang ingin ikut seleksi magang ke Jepang, dan berada di Provinsi Jawa Timur, sekarang sudah dibuka pedaftaran nya. Silakan kunjungi kantor disnaker atau BLK terdekat untuk info lebih lanjut.

Ujian Seleksi dilaksanakan sekitar minggu pertama bulan Mei 2007, di Surabaya.

Pelatihan selama pra-Pemberangkatan rencana dilaksanakan di BLKI Singosari Malang.

Semoga bermanfaat.