Jalan Melangkah Sendiri. (Miyamoto Musashi no Dokudo)

Musashi Miyamoto no Dokudo, atau Musashi's self path reliance, mungkin terkesan extreme atau semacamnya ya, tapi sedikit banyak, poin-poin didalamnya sangat membantu aku, terutama dalam hal motivasi diri ketika aku sedang mengalami hal-hal yang terasa berat dalam hidup ini (halah).

Pada intinya, Dokudo menekankan kepada 'meninggalkan keinginan dan hasrat duniawi, lebih peka terhadap sekitar, dan menfokuskan pada tujuan utama hidup kita'. Mungkin agak mirip sufisme, dan memang banyak mengandung unsur norma Budhisme atau Taoisme. Musashi sendiri pada akhir masa hidupnya banyak menghabiskan waktunya untuk belajar Zen.

Buat aku sendiri, aku lebih termovitasi oleh semangat Musashi dalam melaksanakan poin-poin dari Dokudo tersebut.

Adapun isi dari Dokudo tersebut adalah.

1. Jangan pernah melanggar aturan dan norma tradisi 2. Jangan pernah mengharapkan saat-saat santai 3. Jangan pernah menyesali apa yang sudah terjadi 4. Jangan pernah iri dengan keberuntungan orang lain, atau karena kesialan kita 5. Jangan pernah menyesali perpisahan dengan apapun dan kapanpun 6. Jangan pernah menyalahkan orang lain dan juga diri sendiri 7. Jangan pernah mengeluh tentang orang lain maupun diri sendiri 8. Jangan pernah mendekati cinta 9. Jangan pernah mempunyai kesukaan ataupun ketidaksukaan terhadap sesuatu 10. Jangan pernah mengeluh tentang tempat tinggal, apapun kondisinya. 11. Jangan pernah menginginkan makanan enak untuk diri sendiri 12. Jangan pernah percaya/memiliki barang antik/jimat 13. Jangan pernah menyesali kebaikan kita kepada orang lain 14. Jangan pernah mengimpikan rumah idaman yang nyaman di masa tua 15. Jangan pernah terlalu memikirkan kepentingan pribadi. 16. Jangan pernah meninggalkan jalan Beladiri 17. Lebih baik kehilangan nyawa dari pada kehilangan harga diri dan nama baik.

Kira-kira isinya seperti diatas, mungkin tidak sama persis, tapi memang ada beberapa versi terjemahan yang beredar di publik.

(sumber terjemahan dari buku Lone Samurai karya William Scott Wilson , di modifikasi sesuai yang tersimpan di ingatan penulis blog :p).

jangan lupa mampir ke blog www.kendo.web.id untuk artikel bertema beladiri dan samurai yang lain ya.

Comments