Benkek

Mencari Lagu di Internet di multiply.com

Dua atau tiga tahun lalu, mungkin kita sering bingung, gimana ya caranya cari lagu di internet? Waktu itu cara yang paling gampang dan mungkin adalah menggunakan MIRC, atau program Peer to Peer seperti Kaza atau Limeware, yang ga sepenuhnya di jamin aman, dan juga kecepatan download yang terbatas. Apalagi kalau di MIRC sering sekali kita harus mengantri sampai berjam-jam untuk bisa mendownload satu lagu.

Sekarang, seiring dengan menjamurnya pengguna multiply.com, dan tentunya dengan adanya fasilitas upload music didalamnya, kita tidak usah bingung mencari-cari lagu di Internet. Hanya dengan mendaftar secara gratis, kita bisa mencari lagu-lagu favorite kita dan kemudian mendownloadnya dengan gratis pulak! :D.

Tidak hanya lagu-lagu baru, lagu-lagu jaman baheula pun banyak disana. Mulai lagu indonesia populer, lagu dangdut, lagu-lagu barat, lagu memories, dan juga banyak lagu-lagu daerah, dan lagu anak-anak.

Satu 'kekurangan' yang mungkin masih terdapat didalamnya, yaitu bahwa kita tidak bisa mendownloadnya secara multisesion, artinya sekali download harus sampai selesai (kl istilah di DAP not support resume atau apalah :D). Jadi kalau download sempat putus/pause, maka harus download lagi dari awal.

Satu catatan yang harus kita perhatikan, bahwa dengan kita mendownload lagu-lagu dari multiply (terutama lagu-lagu yang mempunyai Copyright) kita sudah turut serta dalam proses pembajakan karya cipta :). Jadi kalau misal kita ngefans sama band tertentu, atau kita nggak mau dibilang pembajak, sebaiknya kita memberli kaset/cdnya di toko.

Berikut contoh cara mencari dan mendownload lagu dari Multiply (bagi yang sudah tau ga usah di baca, kebetulan ada teman yang minta dibuatin-bukan mbak elen kok, hehe).



0 komentar: