Benkek

Tentang Manajemen Waktu.. ^_^

Kemarin dulu, aku ke tempat temen, dan secara ga sengaja aku baca sebuah tulisan di buletin bekas yang ada di tempat temenku tadi. Isinya tentang manajemen waktu, dan aku rasa sangat menarik, meskipun mungkin artikel semacam itu banyak di internet, tapi aku selama ini ga sempat baca :D. Nama buletinnya lupa, soalnya sudah agak lama, dan buletin ini hanya berisi iklan-iklan yang tebalnya hanya sekitar 4 halaman

Adakalanya kita merasa waktu berlalu begitu cepat, tanpa ada hal-hal berarti yang kita raih selama ini, sehingga terkesan waktu terbuang untuk hal-hal yang sia-sia.

Seperti halnya saya selama ini; jam 10 malam sampai jam 8 pagi di warnet, jam 9 tidur sampai jam 2/3 sore tidur, trus cangkrukan di kost. Jam segitu rasanya sudah males untuk ngapa2in. Akhirnya jam 4 sampai jam 10 hanya saya lewatkan untuk nonton tv, ngobrol, baca komik, atau maen game. Kemudian jam 10 sudah harus kerja, dan begitu terus sehari-hari. Akhirnya waktu saya selama satu hari saya habiskan di kost dan di warnet, tanpa ada hasil yang signifikan (selain bahwa selama ini saya bisa membiayai hidup saya sendiri, tapi untuk kedepan saya hampir tidak ada rencana yang jelas) .

Padahal "waktu adalah sesuatu yang paling berharga yang bisa dihabiskan manusia" (Theophrastus, 278 SM). Untuk itu, agar waktu saya tidak terbuang percuma maka saya berfikir untuk mengikuti panduan "Manajemen waktu" yang saya baca di bulletin.

Poin-poin dari manajemen waktu mungkin berbeda menurut tiap orang, tapi secara garis besar mengandung poin-poin berikut:

  1. Tentukan tujuan hidup. Apa yang ingin kita raih dalam hidup ini, mulai hal-hal besar seperti profesi idaman, membina keluarga dll; dan juga hal-hal yang lebih kecil seperti prestasi dalam hobi kita, atau pergi rekreasi ke suatu tempat.
  2. Buat perencanaan untuk meraih cita-cita/tujuan hidup. Langkah-langkah apa saja yang harus diambil agar tujuan tadi tercapai, dan bagaimana cara kita melakukannya.
  3. Buat prioritas apa saja yang perlu kita kerjakan terlebih dahulu, dan mana yang lebih penting. Kalau perlu buat juga rencana dan target harian, mingguan, dan juga bulanan.
  4. Batasi rencana. Terlalu banyak rencana justru akan membuat kita bingung, dan frustasi, sehingga kita jadi malas untuk melakukan rencana tersebut. Agar tidak terlalu banyak, hanya ambil poin-poin yang sekiranya lebih penting dan mendukung tujuan kita.
  5. Ingat waktu. Jangan menunda-nunda jadwal kita, apalagi hanya untuk hal-hal yang remeh, misal nonton kartun atau karena malas. Kalau semangat kita sedang turun, ingatlah tujuan kita, dan bayangkan kita sudah berhasil meraihnya.

Satu quote yang sangat membekas dalam diri saya;"seorang laki-laki harus mencari dan menemukan cita-cita dan impiannya, kemudian berusaha mewujudkannya dengan sekuat tenaga, sampai tetes keringat yang terakhir". Memang tidak tepat seperti itu kalimatnya, tapi kira-kira begitu. quote tersebut saya temukan di komik, yang saya sudah lupa judulnya >.<.

0 komentar: