Benkek

Samurai: Kastel Awan Burung Gereja (Buku Pertama)


Sebelumnya, aku berniat untuk membuat reviewnya lebih lengkap, tapi karena adanya sedikit kemalasan review yang lebih lengkap, aku jadi minder, hehe

Buku karangan Takashi Matsuoka ini, Samurai: Kastel Awan Burung Gereja (Buku Pertama), menceritakan kisah Genji Okumichi, bangsawan Agung Akaoka, di tengah gejolak datangnya orang Asing ke Jepang pada tahun 1861, di mana kekacauan dan perang saudara sudah berada di depan mata.

Buku ini sedikit banyak mengigatkan aku sama novel Shogun, yang aku baca sekitar 3 tahun lalu. Diantara hal-hal yang mengingatkan aku itu, antara lain adanya misionaris Kristen, pandangan orang asing terhadap Jepang dan sebaliknya, kisah-kisah pertarungan para Samurai yang sadis dan kejam, juga protokol kebangsawanan yang sedemikian rumit, cerita para samurai yang meskipun sangat pemberani tapi bisa menjadi sedemikian emosionalnya (menangis dan mengeluarkan air mata dengan mudahnya), dan tentunya konspirasi dan petualangan yang sangat membuat kita penasaran akan kelanjutan kisah ini.

Buku ini aku pinjam dari perpustakaan Kota Malang, dan menurut jadwal harus aku kembalikan hari ini. Padahal aku juga meminjam buku Samurai: Jembatan Musim Gugur (Buku Kedua) sekaligus, dan belum aku sentuh sama sekali, hehe. Mungkin besok harus aku kembalikan yang pertama, dan memperpanjang masa pinjam untuk buku kedua.

Beberapa review lain di web yang lebih lengkap dari tulisan ini:

dan masih banyak yang lain :), terima kasih buat para reviewer tersebut buat tulisannya.

0 komentar: