Benkek

Saigo Sanshiro (versi Shin Kotaro Manga)

Ada yang udah baca komik ini? Kalau sudah, pasti tau dong karakter Saigo Sanshiro, si botak yang masih sabuk putih meskipun 10 tahun berlatih Judo.

Karakter Saigo Sanshiro ini, sedikit banyak mirip dengan karakterku (sepertinya, hehe. Tapi juga ga terlalu mirip2 amat sih). Kemiripan utamanya, barangkali kepala botak, dan juga karakter 'tidak punya kekuatan hati', suka canggung dll. Tapi mungkin aku lebih mirip ke karakter "masa depan" Sanshiro, yaitu si Iga Toshihiko. Kekuatan hatinya sedikit lebih baik, begitulah kira-kira.

Aku sangat menyukai karakter Sanshiro, bukan karena kemiripan tadi, tapi karena kegigihan sanshiro dalam menekuni hal yang dia sukai, meskipun sekian lama dia selalu di rendahkan orang lain, karena dia dianggap tidak punya kemampuan. Selama 10 tahun ikut Judo, Sanshiro lebih banyak dijadikan bulan-bulanan teman-temannya, diantaranya selalu jadi orang yang kebagian mencuci JudoGi para seniornya. Sampai-sampai ada seniornya yang mengatakan "selain mencuci JudoGi, apa lagi fungsi Sanshiro di klub?".

Namun ternyata, dibalik itu semua, Sanshiro mempunyai suatu kelebihan yang luar biasa, ternyata Sanshiro seorang Judoka yang sangat tangguh. Karena kakinya yang mempunyai jari-jari panjang (Tako Ashi /Kaki Gurita) dia bisa mengeluarkan teknik mematikan, Yama Arashi (badai gunung), yang bahkan Kotaro sekalipun tidak bisa menghindarinya.

Masalah kemudian, kemampuan tersebut muncul kalau Sanshiro kehilangan kesadarannya, mungkin semacam kemampuan alam bawah sadar, begitu kira-kira. Dalam keadaan sadar, Sanshiro adalah seorang yang penakut, canggung, gugup, dan tidak punya kepercayaan diri. Namun, dengan usaha yang keras, dibantu teman-temannya, akhirnya Sanshiro bisa menguasai dirinya sendiri, dan bisa menjadi seorang Judoka yang tangguh, tanpa harus membuat dirinya kehilangan kesadaran.

Hal ini sedikit banyak meng-inspirasi aku dalam menekuni hal-hal yang aku sukai, meskipun selama ini aku sering merasa frustasi dengan ketidak-mampuan-ku, dan sering merasa rendah diri dengan semua itu. Karena teringat karakter Sanshiro tadi, aku jadi 'sedikit' kembali bersemangat, hehe.

3 komentar:

  NTech Indonesia

9:43 PM

Wah jadi inget masa kecil, dulu memang di tempatku lagi gandrung-gandrungnya Judo seiring di bukanya Padepokan Judo untuk Nasional di Ciloto '82. Dengan Judogi dan sabuk putih-putih kita melihat peresmian padepokan dengan takjub (aku takjub karena segitu banyak orang dapet makan gratis :-D, maklum masih kecil). Film Sanshiro Seingatku (sekitar taun 83-84) membuat gandrung pejudo-pejudo pemula... Walau buatku tidak ada effeknya (buktinya aku tidak berprestasi :-p). Tapi dengan membaca blog ini aku seperti lagi mengenang masa-masa kecil yang lucu...dan kebetulan indah :-D

  hideyoshi

5:48 PM

wah. saya jadi ingin nonton tuh filmnya mas :D.

sayangnya sekarang susah buat cari film semacam itu..

aku cari film2 nya akira kurosawa aja sampe impor dr jakarta, dan itupun nyari2.

mas ada copynya barangkali? :D

  b3j0

9:20 AM

cari komiknya diman ya mas ?? ... maklum mo kumpulin semua, yg seri karate, judo, ninja .... di jogja sulit khekhee.....