Perbedaan Jutsu dan Do (dalam konteks Bu-Jutsu dan Bu-Do)

Sebagian dari kita mungkin pernah tau beladiri kendo, dan juga kenjutsu.

Dan mungkin sebagian dari kita juga bingung, apa sih bedanya? Bukankan dua jenis beladiri tersebut sama-sama menggunakan Ken (pedang)?

Kenjutsu Kendo

Dua istilah diatas merupakan suatu contoh, perbedaan antara bu-jutsu dan bu-do. Kata-kata tersebut berasal dari bahasa jepang; Bu=prajurit (pendekar), Jutsu=(kurang lebih)ilmu, dan Do=jalan. Jadi bisa di tarik kesimpulan secara kasar, Bujutsu=ilmu (beladiri) prajurit, dan Budo=jalan prajurit. Namun secara istlah, bisa diartikan, Bujutsu=ilmu beladiri murni, memang teknik untuk membunuh, tetapi kalau Budo, lebih ke filosofi dari beladiri tersebut, dan lebih cenderung ke olah raga beladiri yang mengambil semangat Prajurit (Samurai).

Misal saja, kalau kenjutsu, kita boleh menyerang bagian mana saja dari badan lawan, tetapi kalau kendo, hanya bagian tangan (kote), perut(do), dan kepala(men) serta tsuki (tusukan ke arah dagu), (maap kalau salah, saya bukan orang kendo soalnya :D).

atau kalau Jujutsu, setau saya, boleh menggunakan pukulan (terutama untuk finishing touch, misal abis di banting, kunci, =>pukul), tetapi dalam judo tentu saja tidak boleh.

Secara garis besar, Bu-do adalah pengembangan dari Bu-Jutsu yang disesuaikan dengan kebutuhan jaman saat ini.

Beberapa Bu-jutsu yang telah di adaptasi menjadi Budo: 1.Kenjutsu==> Kendo 2.Battoujutsu/Iaijutsu==> Battoudo/Iaido 3.Aiki-Jujutsu==> Aikido 4.Jujutsu/Jiujutsu(lafadz brazilian untuk Brazilian Jujutsu) ==> Judo 5.Kempo Jutsu==> Kempo Do 6.Karate Jutsu ==> Karate Do dll... (maap hanya tau itu saja)

penulis telah menulis artikel serupa yang lebih baru, silakan bisa di cek di www.kendo.web.id

Comments