Benkek

Latihan bersama Sensei Edu

Hari minggu ini, sesuai pemberitahuan sebelumnya dari Senpai Yohan, diadakan Ujian kenaikan tingkat di Shizen Dojo, dan seperti halnya tahun lalu, ujian dilaksanakan di MAC Dojo di Bakorwil.

Kali ini, tidak banyak anak Shizen yang ikut ujian, hanya 5 orang; 4 ambil kyu 5 dan 1 ambil kyu 4.

Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini hanya Sensei Edu yang datang (tahun lalu ada 2 Sensei dari Jogja (Sensei Iwan dan Sensei Teguh), 1 dari Solo (Sensei Bambang Ali), dan 1 dari Jakarta (Sensen Robaga, selaku Ketua Tim Penguji).

Seperti halnya tahun lalu, tahun inipun banyak sekali hal dan pengetahuan baru yang aku dapat dari Latihan bersama Sensei.

Kalau tahun lalu, selain teknik, hal yang paling banyak aku terima dari Para Sensei, adalah tentang pemahaman filosofi dan prinsip dasar dari Aikido, sementara tahun ini, bersama Sensei Edu, aku banyak mendapat pemahaman dan pengetahuan baru tentang Ki.

Hal yang paling berbeda, dibanding pengalamanku selama ini, adalah sewaktu menjadi Uke dari Sensei Edu, rasanya badan benar-benar ringan, serasa melayang. Jadi tanpa sadar kita sudah terbanting, tanpa sempat berontak apalagi melawan. Benar-benar "CLEAR". Luar biasa, aku pikir.

Inti yang aku dapat dari latihan hari ini adalah, bahwa Ki adalah lebih merupakan manifestasi dari pikiran, dibantu dengan badan tentunya.

Ki secara lahir terlihat sangat simpel, mungkin terkesan "pura-pura" atau semacamnya. Tapi setelah dirasakan, ternyata memang benar-benar ada.

Selain itu, aku juga mendapat sedikit pengetahuan tentang Takeda Ryu AIkido, yang selama ini aku tahu dari seorang teman di Friendster.

Terima kasih Sensei Edu atas kedatangannya ke Malang!

2 komentar:

  Firman

6:07 AM

Allo aryo, bgm kabarnya? Kmrn kamu ikut ujian kenaikan tingkat juga ya. Wah, aku kangen pingin latihan dimalang lagi bersama teman2 neh. Berarti teknik sensei edu udah sangat halus ya sekarang? Pada waktu ujian 2 tahun yang lalu, aku juga pernah merasakan tekniknya, itu aja udah halus atau rileks banget, berarti sekarang beliau tambah oke lagi ya? Btw kamu udah aktif lagi lat di dojo neh, hehehe...

  hideyoshi

6:19 PM

alo juga mas firman

hehe, aku blm tau sensei edu sepert iapa sebelumnya

jadi ga isa bandingin

tp yang pasti, tekniknya emang bener2 halus, serasa terbang, hehehe.

aku aktip d dojo sesekali sih, sibuk.. :P

kapan ke malang nih